“Saat ini, LAN sudah menerapkan teknologi informasi kearsipan dan persuratan berbasis aplikasi, yaitu “Aplikasi Tata Naskah Dinas Lembaga Administrasi Negara (ANDALAN)” lebih dikenal dengan sebutan e_disposisi. Namun, ANDALAN belum sepenuhnya memenuhi persyaratan pengelolaan arsip dinamis, sehingga perlu mengadopsi fungsi-fungsi yang dimiliki oleh Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). Oleh sebab itu, perlu adanya pengintegrasian dengan melengkapi fungsi-fungsi yang dimiliki SIKD ke dalam ANDALAN. Melalui penerapan e-Government ini diharapkan mampu mendukung bisnis proses pengelolaan pemerintahan menjadi lebih baik lagi.” Hal tersebut disampaikan Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dra. Reni Suzana, MPPM., pada Diskusi Terbatas tentang Implementasi dan Pemanfaatan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) bertempat di Ruang Kelas A-B, Gedung A, Kantor LAN, Jl Veteran No 10, Jakarta Pusat, Selasa (3/3).
Hadir sebagai narasumber Kasubdit Kearsipan I Pusat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Drs.Yayan Dariyan, M.AP., yang memaparkan materi terkait implementasi dan pemanfaatan SIKD bagi para Pejabat Struktural, Sekretaris, Pencatat Surat dan Pengelola Surat. Acara ini diikuti oleh 53 orang peserta yang terdiri dari Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional Arsiparis di lingkungan LAN.